Bahaya Empedu Bengkak Dan Pantangan Makanan

Bahaya Empedu Bengkak Dan Pantangan Makanan

Bahaya Empedu Bengkak Dan Pantangan Makanan,- Kolesistitis adalah suatu naman medis yang diberikan untuk menggambarkan satu peradangan pada kantong empedu. Kantong empedu merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan cairan empedu,yaitu cairan yang memiliki peran sangat penting dalam pencernaan lemak yang didalam tubuh.

Bahaya Empedu Bengkak Dan Pantangan Makanan

Penyakit kolesistitis ini bisa terjadi secara tiba-tiba (akut) dan juga bisa terjadi dalam jangka panjang (kronis). Penyakit kolesistitis akut sebagian besar kasusnya terjadi karena penyumbatan saluran empedu.

Sedangkan penyakit kolesistitis kronis merupakan peradangan yang dapat terjadi setelah mengalami penyakit kolesistitis akut berulang kali.

Gejala Kolesistitis

Bahaya Empedu Bengkak Dan Pantangan Makanan,- Gejala utama dari penyakit kolesistitis adalaha adanya kemunculan rasa sakit yang sangat parah pada perut bagian kanan atas dan mampu bertahan selama beberapa jam.

Munculnya rasa sakit ini setelah mengkonsumsi makanan tertentu seperti makanan yang berlemak dan bisa menjalar hingga ke punggung atau tulang belikat kanan.

Selain merasakan sakit diperut,penderita kolesistitis juga terkadang akan merasakan gejala berikut ini:

  • Rasa sakit bertambah parah saat menarik napas panjang
  • Nafsu makan hilang,mual dan juga muntah
  • Demam dan berkeringat
  • Kulit dan mata menjadi kuning

Penyebab Kolesistitis

Penyebab Kolesistitis

Bahaya Empedu Bengkak Dan Pantangan Makanan,- Pada umumnya penyakit kolesistitis disebabkan oleh adanya penyumbatan pada saluran empedu,sehingga hal ini akan membuat cairan empedu terperangkap di dalam kantong empedu.

Penyumbatan saluran empedu ini juga diakibatkan oleh saluran yang menyempit ,tumor dan juga batu. Dengan adanya penyumbatan akan memicu terjadinya iritasi dan tekanan pada kantong empedu yang akan mengakibatkan pembengkakan serta infeksi.

Ada juga beberapa faktor yang akan menyebabkan penyakit kolesistitis yaitu diabetes,luka bakar,malnutrisi berat,AIDS, dan sepsis. Ada juga beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kolestitis diantaranya :

  • Berjenis kelamin wanita
  • Kehamilan
  • Sedang menjalani terapi hormon
  • Lanjut usia
  • Obesitas
  • Berat badan naik atau turun terlalu cepat

Bahaya Empedu Bengkak Dan Pantangan Makanan

Bahaya Empedu Bengkak Dan Pantangan Makanan,- Radang empedu atau disebut dengan kolesistitis merupakan peradangan yang terjadi pada kantung empedu,dan dimana radang ini akan terjadi selama beberapa hari bahkan bisa berlangsung lebih lama atau kronis.

Apabila jika terjadi peradangan akan sulit untuk diatasi yang akan menyebabkan infeksi dan beberapa kerusakan bahkan bisa berkembang menjadi kanker.

Berikut ini ada beberapa bahaya radang empedu yang bisa menyebabkan kematian diantaranya :

1. Polip Kantung Empedu

Polip kantung empedu merupakan pertumbuhan non kanker yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan polip dibagian tubuh yang lainnya, sehingga hal ini tidak menimbulkan gejala apapun pada penderita dan dapat diatasi dengan obat herbal batu empedu.

Jika polip tersebut semakin membesar,maka harus melakukan tindakan operasi untuk mengangkat polip kantung empedu tersebut.

2. Cholelithiasis

Batu empedu bisa menjadi bahaya radang empedu karena massa padat kolesterol atau pigmen dengan ukuran yang bervariasi. Dimana batu empedu ini memiliki kadar lemak yang sangat tinggi sehingga akan mengakibatkan terbentuknya kristal yang akan bertambah banyak dari waktu ke waktu.

3. Porcelain Kantung Empedu

Kondisi tersebut merupakan kondisi dimana dinding otot kantung empedu mengembangkan kalsium sehingga dapat menyebabkan kantung empedu menjadi kaku dan akan mengurangi fungsi kantung empedu serta akan mengakibatkan meningkatnya risiko kanker kantong empedu.

4. Abses Kantung Empedu

Apabila tidak segera diobati maka radang empedu bisa mengembangkan nanah didalam kantung empedu yang disebut dengan empyema dengan timbulnya gejala sakit para diarea perut dan hal ini bisa mengancam nyawa apabila tidak segera diobati.

5. Infeksi Saluran Empedu

Apabila saluran ini mengalami penyumbatan maka akan dapat menyebabkan infeks. Apabila kondisi tersebut tidak segera diobati dengan cepat maka virus akan menyebar dan berkembang menjadi infeksi yang lebih parah yang sangat mengancam jiwa.

Baca Juga : Obat Buah Zakar Bengkak Besar Sebelah Dan Keras

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kolesistitis

1. Telur

bagi penderita kolesistitis disarankan untuk menghindari telur,karena telur memiliki kolesterol yang tinggi yang akan memicu serangan kantong empedu dalam persentase yang tinggi pada kelompok orang yang memiliki alergi.

2. Daging Berlemak

Bagi penderita kolesistitis disarankan juga untuk mengurangi atau menghindari mengkonsumsi daging yang berlemak,karena hal ini dapat mengiritasi batu empedu dan akan memperparah keluhan.

Daging berlemak dapat diganti dengan sumber protein tanpa adanya kandungan lemak seperti ikan air dingin,ayam atau kalkun. Selain itu buang kulit dan lemak untuk menghindari iritasi batu empedu.

3. Makanan Yang Digoreng

Makanan yang digoreng juga menjadi pantangan bagi penderita kolesistitis,karena gorengan terkenal dengan kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi. Lemak jenuh akan memperburuk rasa sakit batu empedu dan juga ketidaknyamanan. Oleh karena itu hindari makanan yang digoreng.

4. Makanan Olahan

Menurut University of Maryland Medical Center Pada makanan kemasan dan olahan memiliki kandungan asam lemak yang cenderung dapat menginduksi gejala-gejala batu empedu.

5. Makanan Berbahan Halus

Bagi penderita kolesistitis disarankan untuk menhindari makanan yang mengandung bahan halus seperti roti putih,beras putih,pasta tepung halus dan juga gula rafinasi yang dikonversi ke dalam lemak yang tersimpan dan mungkin akan menyebabkan peningkatan kolesterol dalam empedu.

Namun Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang tidak dimurnikan seperti roti gandum,pasta gandum dan juga beras merah.

6. Produksi Susu Tinggi Lemak

Mengkonsumsi susu yang mengandung kadar tinggi lemak hewani akan menimbulkan resiko bagi orang yang didiagnosis dengan penyakit kolesistitis.

Makanan Yang Baik Untuk Kolesistitis

1. Minyak Zaitun

Bagi penderita disarankan untuk mengkonsumsi minyak zaitun,karena minyak zaitun ini memiliki kandungan zat antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu juga memiliki kandungan zat asam yang dapat membantu untuk mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan pada empedu.

Dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin dapat membantu untuk mengurangi resiko pembentukan batu empedu. Hal ini sudah diteliti dan sudah dibuktikan oleh Dr.Penny Stanway yang ulas dalam buku yang berjudul Miracle Of Olive Oil.

2. Brokoli

Mengkonsumsi sayuran seperti brokoli juga sangat baik untuk kesehatan tubuh,karena brokoli memiliki kandungan kalori rendah dan mengandung banyak serat. Selain itu brokoli juga mengandung vitamin seperti vitmain A dan juga vitamin C.

Sayuran brokoli tidak memiliki kandungan lemak dan brokoli juga diketahui mengandung karbohidrat,protein dan kalsium. Brokoli memang memiliki kaya akan kandungan.

Namun tetap mengkonsumsi brokoli harus tetap terbatas karena jika berlebihan dapat menyebabkan produksi gas dan memicu sakit perut. Bagi penderita asam lambung sayur brokoli ini harus dihindari.

3. Ikan Tuna

Ikan tuna memiliki kandungan protein yang tinggi. Bagi para penderita kolesistitis atau juga radang empedu disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat ini,karena didalam ikan tuna ini memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan empedu.

4. Bayam

Selain brokoli,bayam juga menjadi salah satu sayuran yang disarankan oleh penderita penyakit kolesistitis. Bayam memiliki kandungan senyawa oklasat yang dapat membantu untuk meningakatkan potensi masalah penyakit pada ginjal.

Mengkonsumsi bayam juga memiliki batas tertentu,karena potensi bayam hanya dapat menyebabkan masalah pada batu ginjal bukan batu empedu. Namun biasanya banyak penderita batu empedu yang memiliki komplikasi batu ginjal.

Oleh karena itu bayam termasuk sayuran yang aman dikonsumsi untuk penderita batu empedu,tapi batasi juga jumlah konsumsi hariam. Selain itu,mengkonsumsi bayam juga dapat membantu untuk menambah darah super cepat yang dapat membantu penderita penyakit anemia.

5. Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin dan juga mineral. Selain itu tomat juga memiliki nutrisi seperti tiamin,folat,vitamin A,vitamin C,vitamin K,dan vitamin B6. Bahkan buah tomat juga memiliki kandungan sumber kalsium seperti potassium,fosfor,tembaga,dan magnesium.

Kandungan senyawa lycopene dalam tomat juga sangat berperan penting untuk dapat mengendalikan kesehatan organ vital tubuh seperti empedu. Dengan mengkonsumsi tomat secara rutin dapat mengurangi resiko batu empedu dan juga dapat membantu untuk meringankan penyakit radang batu empedu.

Sumber : rezafikriherbal.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *